Home » , » SAMPAN HISMANTO, SH. Caleg Partai HANURA, No.1 DPRD Kota Bekasi, dapil Bekasi Barat & Medan Satria

SAMPAN HISMANTO, SH. Caleg Partai HANURA, No.1 DPRD Kota Bekasi, dapil Bekasi Barat & Medan Satria

Written By Blogs owner SidikRizal on Sunday, March 15, 2009 | 12:45 AM

MENJAWAB TUDUHAN MONEY POLITIC

Bekasi, dobeldobel dot com
Terkait dengan pemberitaan di beberapa media, kami mencoba menelusuri dan mengupasnya secara langsung dari berbagai nara sumber. Terutama Sampan Hismanto sendiri. Saya telah mencoba mendatangi rumahnya di Kotabaru, dimana di sana rumah berdekatan dengan caleg wanita Partai Hanura untuk DPRD Kota Bekasi lainnya dari dapil yang sama, Nurjanah.



Dan tidak terlalu sulit ternyata, tapi baru pada pertemuan kedua ketika saya hendak menggali fakta yang sebenarnya, justru Sampan Hismanto terkena sakit masuk angin. Dengan kondisi badan yang kelelahan dan beberapa kali terbatuk-batuk, saya mengerti bahwa saat itu bukanlah waktu yang tepat. Namun begitu, Sampan menjanjikan untuk bertemu di lain waktu saat kondisi lebih baik.

Menurut penuturannya, apa yang menjadi pemberitaan media adalah hal yang dilebih-lebihkan. Karena dia sendiri mengatakan bahwa yang membagikan sembako bukanlah dirinya, tapi caleg dari DPR RI. Sedangkan acaranya memang di tempat Sampan Hismanto. Saat ada yang melaporkan, ia berdalih kalau ia tak membagikan sembako, walaupun memang ada atribut kampanye yang diterima masyarakat.

Memperjelas pernyataannya, dobeldobel dot com mencoba mencari informasi dari sumber lain siapa caleg DPR RI yang dimaksud. Dan akhirnya kami berhasil mendapatkan namanya, yakni Wisno Purnomo, SE, caleg HANURA No.1 dapil Kota Bekasi dan Depok.

Penulis jadi ingat, pasa saat berita tentang hal ini diangkat pada sekitar bulan Februari, saya memang pernah berkomunikasi via sms dengan Wisnu Purnomo, namun sms yang dia kirimkan adalah sebuah pernyataan bahwa dirinya adalah caleg yang dhuafa (lemah) bukan orang kaya, dan bukan siap-siapa. Penulis tidak mengerti pada awalnya, tapi baru setelah mendapatkan informasi terbaru dari internet, penulis semakin mengerti arti dari "pengelakan"nya sat itu untuk saya wawancarai.

Padahal waktu itu penulis hendak mewawancarai dia untuk penulisan profil dirinya di internet sebagai tulisan advertorial kampanye biasa. Kini sudah jelas permasalahannya. Dan penulis berhasil mendapatkan informasi biodata profil sang caleg pada akhirnya. Namun ketika dikonfirmasi tentang berita kasus pelaporan panwaslu ke polres metro, hingga hari Rabu (18/3) malam Wisnu belum bisa dihubungi, kecuali jawaban smsnya kepada saya langsung, "Maaf mas, saya sedang sibuk keluar".

Akhirnya saya mencoba cari data informasi dari internet sebagai usaha mencari sumber berita dan bertujuan memberikan perimbangan berita buat sang caleg yang menjabat menjadi salah satu pengurus DPC Partai HANURA Kota Bekasi. Berikut petikan berita dari beberapa media yang berhasil saya himpun.

(Sidik Rizal)
---------------------------------------------------------------------------------------------

Caleg Dilaporkan ke Polisi

Selasa 24 Februari 2009, Jam: 19:02:00
Seorang Caleg peserta Pemilu 2009 dilaporkan ke Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakumdu) Polres Metro Bekasi, Selasa (24/2). Sampan Hismanto, Caleg Partai Hanura daerah pemilihan II Bekasi Barat-Medan Satria ini diduga melakukan pelanggaran pidana pemilu.

Pelimpahan kasus tersebut dari Panwas Kota Bekasi ke Sentra Gakumdu, menurut Ahmad Haikal, Ketua Panwas Kota Bekasi, setelah pihaknya mendapat laporan bahwa Sampan Hismanto, telah melakukan kampanye dengan membagikan sembako di dapilnya.

Ketua Divisi Pengawasan dan Penegakan Hukum Panwas Kota Bekasi, Yayah Nadwiyah Syamsir Bastian, SH menegaskan, kasus pidana pemilu yang dilakukan oleh caleg nomor urut 1 itu, akan ditindaklanjuti dan diproses.

”Kasus ini tengah kami bahas dengan pihak kejaksaan dan kepolisian,” ujar Yayah.

Adapun ancaman pidana pemilu yang akan diterima oleh Sampan Hismanto, kata Yayah sesuai dengan undang-undang Pemilu No.10 tahun 2008, pasal 274, bahwa caleg DPRD Kota Bekasi itu, terancam hukuman kurungan paling singkat 6 bulan dan paling lama 24 bulan.”(saban/ds/r)
--------------------------------------------------

Caleg Hanura Terancam Pidana
Laporan: Pipik Anwar Siddik

Bekasi, RMonline.

Bagi-bagi sembako, calon legislatif (Caleg) DPRD Kota Bekasi, Jawa Barat dari Partai Hanura terancam kena pidana pemilu.

Caleg bernama Sampan Hismanto ditengarai melakukan pembagian sembako pada warga di Kampung Rawa Bebek RT 04/10 Kota Baru, Bekasi Barat.

“Kami kini tengah menunggu laporan dan barang bukti dari Panwascam Bekasi Barat. Kalau terbukti, yang bersangkutan akan kena pidana pemilu,” ujar Ketua Panwas Kota Bekasi, Haekal, Selasa (17/2).

Sementara itu, Caleg Hanura terkait, Sampan Hismanto yang dikonfirmasi, membantah kalau dirinya telah melakukan pembagian sembako.

Menurut Sampan, yang melakukan pembagian sembako itu adalah caleg DPR RI dan DPRD tingkat I dari Partai Hanura.

“Memang benar pada waktu Sabtu (14/2) kemarin, ada pembagian sembako yang dilakukan Partai Hanura di kampung tersebut. Tapi bukan saya. Saya hanya kebagian getahnya lantaran saya yang mempunyai tempat,” kata Sampan.

Namun, pernyataan Sampan langsung ditepis oleh anggota Panwascam Bekasi Barat, Sartoyo.

Menurut Sartoyo, pihaknya mempunyai bukti kuat kalau yang melakukan pembagian sembako itu adalah Sampan Hismanto.

Dalam hal ini, kata Sartoyo, pihaknya telah menyita kupon bergambar Sampan Hismanto yang dijadikan alat tukar sembako.

“Adapun barang bukti lainnya yakni 2 kg beras, mie instan lima buah dan gula ¼ kg. Barang bukti ini kini sedang dikirim ke Panwas Kota Bekasi,” ujar Sartoyo. [bay]

-----------------------------------------------------------------------------------------------
Kasus Caleg Hanura Dilimpahkan ke Polisi

Laporan: Pipik Anwar Siddik

Bekasi, RMonline.
Berkas kasus dugaan pelanggaran pidana pemilu Sampan Hismanto, caleg Partai Hanura, mulai dilimpahkan ke Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakumdu) Pemilu, di Polrestro Bekasi.

Caleg nomor urut satu dapil (daerah pemilihan) Bekasi II, Jawa Barat itu dinilai Panwas Kota Bekasi melanggar ketentuan pidana pemilu, karena melakukan kampanye dengan cara bakti sosial.

Pelimpahan kasus dari Panwas Kota Bekasi ke Sentra Gakumdu itu, menurut Ahmad Haikal, Ketua Panwas Kota Bekasi, hal itu dilakukan setelah pihaknya mendapat laporan bahwa Sampan Hismanto, telah melakukan kampanye dengan membagikan semabako di dapilnya.

Sementara itu, Ketua Divisi Pengawasan dan Penegakan Hukum Panwas Kota Bekasi, Yayah Nadwiyah menegaskan, kasus pidana pemilu yang dilakukan oleh caleg Hanura Kota Bekasi tersebut, akan terus diproses dan ditindak.

”Kasus ini tengah kami bahas dengan pihak Kejaksaan dan Kepolisian,” ujar Yayah.

Adapun ancaman pidana pemilu yang akan diterima oleh Sampan Hismanto, lanjutnya, sesuai dengan pasal 274 Undang Undang Pemilu 10/2008. Dengan demikian, caleg DPRD Kota Bekasi itu, terancam hukuman kurungan paling singkat enam bulan dan paling lama 24 bulan penjara.

”Tidak hanya kurungan, juga caleg tersebut didenda paling sedikit Rp 6 juta dan paling banyak Rp 24 juta,” ungkap Yayah.

Yayah juga menandaskan, jika pengadilan menyatakan bahwa Sampan Hismanto terbukti bersalah, maka dikemudian hari status calon legislatif yang disandang Sampan juga akan dicoret, dan yang bersangkutan terancam tidak akan ikut pemilu pada 9 April mendatang.

”Sanksi pencoretan itu, sesuai dengan Pasal 88 UU Pemilu no 10 tahun 2008,” tandas Yayah Nadwiyah. [atm]
-------------------------------------------

Dan kini Sampan Hismanto masih aktif dengan kegiatan partainya tanpa masalah. Dan itu berarti ia telah terbebas dari segala tuduhan yang dialamatkan kepadanya. Bagaimana duduk permasalahan yang sebenarnya? Tunggu hasil wawancara ekslusif saya, Sidik Rizal, dengan sang pengurus (Sekretaris) DPC Partai Hanura Kota Bekasi di waktu mendatang.

0 komentar:

Chat Box dengan Kami

Follow by Email

Popular Posts

 
Support : Webrizal | Tutorial | My Opini
Copyright © 2009-2014. Global Bekasi - All Rights Reserved
Template Recreated by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger